Sekolah Ramah Anak | Penghargaan Sekolah Ramah Anak 2018
815
post-template-default,single,single-post,postid-815,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-10.1.1,wpb-js-composer js-comp-ver-5.0.1,vc_responsive

Penghargaan Sekolah Ramah Anak 2018

Penghargaan Sekolah Ramah Anak 2018

Surabaya (sekber-sra.com) – Setelah acara Hari Anak Nasional (HAN) 2018, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengadakan acara Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA). Acara ini biasanya diadakan 2 tahun sekali setiap peringatan HAN, namun Pak Presiden (Joko Widodo) meminta untuk Penganugerahan KLA diadakan setip setahun sekali. Selain Penganugerahan KLA, adapun penganugerahan lain yang termasuk dalam indikator KLA salah satunya adalah Penghargaan Sekolah Ramah Anak (SRA).

Pengharagaan SRA pertama kali diadakan pada tahun 2017 dan terdapat 17 sekolah dengan kategori sekolah terbaik pada seluruh tingkat satuan pendidikan serta sekolah terbaik pertingkat satuan pendidikan. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun 2018 hanya ada kategori sekolah terbaik pertingkatan satuan pendidikan. Karena pada tahun 2017 satuan pendidikan berbasis Madrasah hanya ada 2 Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan 1 Madrasah Aliyah. Namun pada tahun 2018, satuan pendidikan berbasis Madrasah disetiap tingkatnya berhasil masuk kedalam nominasi. Berikut adalah daftar Penghargaan SRA tahun 2018:

  1. SD Kita Bojonegoro                                                       13. MIN Padang Bulan
  2. SD Kemala Bhayangkari Balikpapan                          14. MIN 1 Takalar
  3. SDN No. 101901 Lubuk Pakam                                    15. MTsN 13 Jakarta
  4. SMPN 5 Berbes                                                             16. MTsN 6 Jombang
  5. SMPIT Raudhatul Jannah Cilegon                              17. MTsN 1 Hulu Sungai Selatan
  6. SMP Dwijendra Denpasar                                            18. MAN 1 Kotamobagu
  7. SMAN 2 Brebes                                                             19. MAN 1 Watansoppeng
  8. SMA Advent Klabat Mando
  9. SMAN 3 Makassar
  10. SMKN 1 Bantaeng
  11. SMKN 2 Bontang
  12. SMKN 1 Sonder

 

Penganugerahan KLA dihadiri langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Yohana Yembise), Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak (Lenny N. Rosalin), Asdep Pemenuhan Hak Anak atas Pendidikan, Kretaivitas dan Budaya (Elvi Hendrani), Gubernur Jawa Timur, Walikota Surabaya, Kak Seto dan para pejabat lainnya. Acara ini diselenggarakan di Dyandra Convention Center, Surabaya.  Penghargaan SRA tadinya akan diserahkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk tingkat SD, SMP, SMA dan SMK dan Kementerian Agama untuk tingkat Madrasah, namun kedua Menteri berhalangan hadir.

Yohana Yembise didampingi oleh Lenny memberikan langsung Pengharagaan SRA kepada Pemerintah Daerah setempat yang nantinya akan diserahkan oleh Pemerintah Daerah kepada Kepala Sekolah di daerahnya masing-masing. Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan, Kementerian Agama (A. Umar) yang mewakili Menteri Agama menyerahkan Penghargaan SRA untuk satuan pendidikan berbasis Madrasah.

“Dengan adanya Penghargaan SRA diharapkan setiap sekolah dapat terus mengembangkan inovasi untuk proses pembelajaran yang menyenangkan dan menerapkan disiplin positif, serta dapat mengimbaskan kepada sekolah lain yang belum menjadi SRA,” Ujar Elvi Hendrani.

No Comments

Post A Comment