Sekolah Ramah Anak | Gerakan Indonesia Tertib melalui Sekolah Ramah Anak
891
post-template-default,single,single-post,postid-891,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-10.1.1,wpb-js-composer js-comp-ver-5.0.1,vc_responsive

Gerakan Indonesia Tertib melalui Sekolah Ramah Anak

Gerakan Indonesia Tertib melalui Sekolah Ramah Anak

Manado (sekber-sra.com) – Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dibuka langsung oleh Menteri Koordinator PMK (Puan Maharani). Selain itu hadir juga Menkopolhukam (Wairanto), Mendagri (Tjahjo Kumolo), Menpan RB (Syafruddin) dan pejabat lainnya. Acara ini diselenggarakan di Lapangan Koni, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara pada tanggal 26-28 Oktober 2018.

Dalam Kerja Nyata Revolusi Mental terdapat 5 (lima) program salah satunya adalah Gerakan Indonesia Tertib. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bersama dengan Kemensos, Kemenag, Kemen Polhukam, Kemdikbud dan Bareskrim tergabung dalam Kelompok Kerja (Pokja) Enam. Ini adalah kedua kalinya bagi Sekolah Ramah Anak (SRA) untuk mendukung Gerakan Indonesia Tertib, dengan kesempatan ini dihadirkan SRA terbaik tahun 2018 di Provinsi Sulawesi Utara. Sekolah tersebut diantaranya SMA Advent Klabat Manado, SMKN 1 Sonder dan MAN 1 Kotamobagu.

Gerakan Indonesia Tertib melalui Sekolah Ramah Anak dilakukan dengan cara mengajarkan pembelajaran positif sejak dini. Pembelajaran positif yang menjadi icon dari SRA dikenal dengan sebutan disiplin positif. Disiplin positif adalah pendekatan yang menanamkan disiplin bagi anak dengan mengajarkan penyelesaian masalah. Pendekatan yang memberikan alternatif pengganti hukuman fisik yaitu, memastikan bahwa hukuman yang diterima bersifat logis, sehingga anak belajar untuk tidak mengulangi perilaku yang tidak diinginkan.

Harapannya dalam melaksanakan Gerakan Indonesia Tertib melalui Sekolah Ramah Anak adalah orang dewasa dapat menerapkan disiplin positif sesuai dengan tahap perkembangan anak.

No Comments

Post A Comment